Minggu, 21 April 2013

Wortel, Penjinak Kanker Prostat

Asam retonoic dalam vitamin A ditemukan mampu mengekang sel-sel kanker ganas di prostat.
Wortel dan sayuran hijau dapt mengurangi ganasnya sel induk kanker prostat/Dok:ist.

YORK – Wortel adalah senjata baru dalam perang melawan kanker prostat, klaim para ilmuwan. Sebuah studi yang dipimpin Profesor Norman Maitland dari University of York, Inggris, menemukan diet kaya vitamin A bisa menjadi kunci untuk mengalahkan kanker prostat karena mempermudah pengobatan penyakit ini.

"Jika kankernya terbatas hanya pada prostat akan jauh lebih dapat diobati dengan obat konvensional. Ini mengenai lebih baik mencegah daripada mengobati. Ini dapat menghentikan penyebaran kanker,” ujar Prof Maitland dalam laporan Daily Mail, pekan ini.

Vitamin A dapat ditemukan dalam makanan seperti wortel, ubi jalar, dan sayuran berdaun hijau seperti kale. Dan, para peneliti mengungkapkan asam retenoic, bahan kimia dalam vitamin A, dapat mengurangi kemampuan sel-sel kanker untuk menyerang jaringan di sekitarnya.

"Kami mematikan gen-gen kembar tertentu dalam sel-sel induk kanker prostat yang ganas. Ketika kita mengaktifkannya kembali dengan asam retenoic, sel-sel kankernya jadi kurang agresif,” Prof Maitland.

Prof Maitland mengatakan sudah bertahun-tahun diketahui bahwa kadar rendah vitamin A dalam sampel darah pria terkait dengan kanker prostat. Namun, tidak yang tahu tentang mekanisme yang terlibat di dalamnya.

"Ini perkembangan baru yang menarik, yang menghubungkan unsur dari diet dengan sel induk kanker prostat.”

Sumber: SHNews.co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar