Senin, 05 November 2012

Dua Makanan Antikanker Prostat


Ada dua makanan antikanker prostat yang harus diketahui para pria. Apa itu?

Dok:coloradocyberknife.com
JAKARTA – Bukan rahasia lagi bahwa diet atau pola makan sangat mempengaruhi risiko kanker, tak peduli jenis kankernya. Namun, mengetahui pasti makanan yang bermanfaat dan berdampak buruk dapat membantu Anda mencapai potensi kesehatan maksimal.

Mengingat kanker prostat adalah kanker yang paling umum menyerang pria, Askmen.com, menyajikan makanan antikanker prostat. Berikut dua makanan antikanker prostat, seperti dikutip dari FoxNews.com, Minggu (4/11).

Tomat
Tomat mengandung bahan antioksidan Lycopene. Likopen merupakan senyawa antioksidan, karotenoid yang memberi warna pada tomat. Lycopene juga adalah agen antikanker yang paling banyak dipelajari.

Tomat/Telegraph.
Sebuah telaah pada 2004 dari semua studi tentang tomat menemukan ada penurunan risiko kanker prostat kepada pria dengan kadar likopen tinggi dalam darah atau dengan diet sarat tomat. Namun, pada 2007, sebuah studi besar membantah hasi tersebut. Meski begitu, studi lanjutan dengan kualitas yang lebih besar sedang berlangsung dan mudah-mudahan dapat menghilangkan keraguan tentang khasiat tomat pada kanker prostat.

Lepas dari itu, tomat tetap penuh sesak dengan vitamin yang bermanfaat, antikosidan, dan buah merah ini harus menjadi bagian dari setiap diet sehat Anda.

Bagaimana menyajikannya?
Tomat adalah kegembiraan bagi tubuh ketika dimasak dan diberi lemak. Semakin lama Anda memasak tomat, semakin banyak likopen yang dilepaskan. Memasak tomat dengan minyak atau daging akan meningkatkan penyerapan likopene.

Brokoli
Benar, Anda harus makan brokoli dan semua sayuran jenis persilangan seperti kubis, kembang kol, kale, dan lainnya yang menyediakan manfaat antikanker. Meskipun masih tidak jelas bahan kimia mana yang menyuplai banyak manfaat atau senyawa apa dalam brokoli yang paling bertanggung melindungi kesehatan Anda, sulforaphane telah menjadi bahan aktif yang paling banyak diselidiki.

Salad brokoli/simplyrecipes.com

Nah, sulforaphane dapat bertindak sebagai antioksidan atau mungkin malah meningkatkan enzim detoksifikasi dalam tubuh. Hal tersebut jelas membuat brokoli menjadi sayuran antikanker prostat yang ampuh. Beberapa ahli bahkan berpendapat brokoli adalah salah satu pejuang antikanker terkuat yang kita miliki.

Bagaimana menyajikannya?
Tidak ada aturan khusus untuk menyantap brokoli. Anda bisa mengunyah brokoli mentah atau dikukus. Tapi, jika Anda merebusnya, pastikan tidak terlalu matang. Mencampurkan brokoli dengan makanan antikanker prostat lain, seperti tomat, mungkin dapat lebih meningkatkan efek antikanker, menurut sebuah studi yang dilakukan pada tikus.

Sumber: SHNews.co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar