Rabu, 25 Juli 2012

Diet Mencegah Kanker Pankreas

Pola makan tinggi ikan dan kacang-kacangan dapat mengurangi risiko kanker pankreas.

Diet kaya ikan (Dok:guideto.com)
Pola makan atau diet sangat penting untuk kesehatan. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, menyantap makanan yang kaya akan ikan, kacang-kacangan, dan sayuran dapat mengurangi hingga duapertiga risiko kanker pankreas.

Para peneliti dari University of East Anglia menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi vitamin C dan E serta mineral selenium dalam jumlah besar, 67 persen lebih kecil kemungkinannya menderita kanker pankreas dibandingkan mereka yang mengkonsumsi dalam jumlah lebih rendah. Demikian seperti dikutip dari The Telegraph, Senin (23/7).

Jika penelitian lebih lanjut membuktikan bahwa antioksidan menyebabkan perlindungan tambahan, para peneliti berpendapat, diet ini dapat mencegah satu dari 12 kasus kanker pankreas.

Kanker pankreas didiagnosis pada 7.500 orang setiap tahun dan memiliki prediksi terburuk dari jenis kanker apapun. Hanya tiga persen pasien kanker pankreas yang dapat bertahan selama lebih dari lima tahun setelah diagnosis.

Berbasis Diet
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Gut, berpijak pada data dari hampir 24.000 pria dan perempuan berusia 40 hingga 74 tahun. Studi memperhitungkan semua makanan yang mereka santap selama seminggu dan bagaimana makanan itu disajikan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 25 persen orang yang paling banyak mengasup selenium--mineral yang ditemukan dalam kacang-kacangan, ikan, dan sereal--berisiko 50 persen lebih rendah terkena kanker pankreas. Sedangkan mereka yang lebih sedikit mengasup selenium, risiko terkena kanker pankreasnya di bawah 25 persen.

Mereka yang berada di deretan teratas untuk konsumsi vitamin C, E, dan selenium secara bersama-sama, 67 persen berisiko lebih rendah terkena penyakit ini dibandingkan mereka yang lebih sedikit mengasup ketiga nutrisi tersebut.

Vitamin C ditemukan dalam buah dan sayuran. Sedangkan vitamin E dikemas dalam minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian, margarin, dan kuning telur.

Menurut para penulis: "Jika hubungan sebab akibat dikonfirmasi dengan laporan temuan yang konsisten dari studi epidemiologi lain, maka populasi rekomendasi berbasis diet dapat membantu untuk mencegah kanker pankreas."
Sumber: SHNews.co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar