Selasa, 24 Juli 2012

Kacang Mencegah Kanker Hati


Kacang tanah, almond, dan aprikot kering dapat mengurangi risiko kanker hati.

JAKARTA – Makanan yang ada di dekat Anda menawarkan manfaat besar bagi kesehatan Anda. Sebuah studi menemukan menyantap makanan kaya asupan vitamin E dapat mengurangi risiko kanker hati.

Kacang tanah dan almond (Dok:freepik.com)

Mengutip Daily Mail, Jumat (20/7), mengkonsumsi vitamin E atau mengemil kudapan seperti kacang tanah, kacang pinus, dan aprikot kering menurukan risiko kanker tersebut pada orang payu baya atau sepuh. Juga diketahui membantu melindungi diri dari penyakit jantung dan kerusakan mata di usia tua.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of National Cancer Institute, Dr. Wei Zhang dari Shanghai Cancer Institute, menganalisis data dari 132.837 orang, termasuk 267 pasien kanker hati di China. Sekadar informasi, China menyumbang angka 54 persen dari semua kasus kanker hati dunia.

Peneliti memantau informasi tentang kebiasaan makan partisipan. Kemudian membandingkan risiko kanker hati bagi peserta yang memiliki asupan tinggi vitamin E dengan mereka yang tidak.

"Kami menemukan sesuatu yang jelas, hubungan relasi terbalik daris dosis respons antara asupan vitamin E dan risiko kanker hati,” Dr Zhang berkata.

Intinya, kata Zhang, “Asupan tinggi vitamin E, baik dari makanan atau suplemen, terkait dengan rendahnya risiko kanker hati pada orang paruh baya atau lebih tua."

Aprikot kering (Dok:raisingthecandybar.com)
Kanker hati adalah penyebab kematian paling umum ketiga untuk kanker di dunia. Penyakit ini juga adalah kanker paling umum kelima yang ditemukan pada pria dan paling umum ketujuh yang menyerang perempuan. Sekitar 85 persen dari kanker hati terjadi di negara berkembang.

Sumber: SHNews.co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar