Selasa, 31 Juli 2012

Anjing Mendengus Kanker Tuannya


Berbulan-bulan seekor anjing mendengus payudara tuannya yang ternyata ada tumor ganas.

NEWARK - Penny bukan anjing peliharaan biasa. Anjing spaniel Cavalier King Charles ini adalah malaikat pelindung Sharon Rawlinson. Endusan dan salakan anjingnya telah menyelamatkan hidup perempuan berusia 43 tahun ini.

Penny dan Sharon (Dok: Daily Mail)

Berbulan-bulan Penny mengganggu tuannya. Dia selalu mendengus-dengus payudara kirinya dan menggaruk-garuk lembut wilayah itu sampai Rawlinson akhirnya pergi ke dokter.

Benar saja, tes menunjukkan Penny telah mendengus dan mencium daerah tempat tumor agresif tumbuh. Sharon segera mulai kemoterapi dan tumornya diangkat dalam operasi, Senin (30/7), mengutip FoxNews, Jumat (27/7).

"Penny mengganggu saya selama berminggu-minggu," kata warga Newark, Notts, Inggris, ini. Dia mencakar-cakar dengan lembut seolah-olah sedang berusaha mengeluarkan sesuatu dari payudara kiri saya. Tapi saya mengabaikannya.”

Suatu kali, di tengah malam, Penny berdiri dan tak mau beranjak dari dada kirinya tuannya.

Rasa sakit itu seperti seribu sengatan lebah dan hari berikutnya memar," kata Rawlinson.

Ketika Rawlinson menemukan sebuah benjolan, dia menganggap itu adalah bagian dari cedera. Namun, di balik itu, Rawlinson tahu dia tidak bisa mengabaikan tanda-tanda itu. Apalagi, ibunya meninggal karena kanker payudara. Karena itu dia memutuskan untuk memeriksakan dirinya ke dokter pada Januari silam.

Mendeteksi Tumor
Sebenarnya, anjing bisa mendengus tumor bukan sesuatu yang baru. Tahun silam, peneliti Jerman menemukan bahwa anjing khusus terlatih dapat mendeteksi tumor dalam 71 persen pasien.

Diperkirakan, tumor memproduksi bahan kimia, termasuk konsentrasi rendah alkana dan senyawa aromatik, yang dapat dideteksi anjing.

Namun, hanya ada sedikit bukti kasus anjing rumahan tidak terlatih yang dapat mencium kanker yang menggerogoti pemiliknya.

Mereka jauh lebih peka dengan kita dibandingkan spesies lain," kata Dr. Jacqueline Boyd, pemimpin biologi hewan di Nottingham Trent University.

"Ada banyak bukti anekdot yang mengatakan anjing telah mendeteksi kanker dan mereka sangat responsif terhadap hal tersebut. Tidak heran anjing ini mendeteksi kanker pemiliknya," kata Boyd.

Sumber: SHNews.co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar