Senin, 16 Juli 2012

Mendobrak Mitos Pasien Kanker


Pandangan bahwa pasien kanker hanya perlu banyak istirahat tanpa olahraga, cuma mitos.

Berkebun  mengurangi risiko kanker usus datang lagi (Dok:telegraph.co.uk)

JAKARTA – Para dokter dan perawat perlu “menjungkir balik mitos” bahwa pasien kanker hanya perlu istirahat untuk pemulihan. Sebab, Macmillan Cancer Support, yayasan pendukung kanker, menemukan hanya seperlima pasien kanker yang diberitahukan tentang manfaat “obat ajaib” dari beberapa jenis olahraga.

Jajak pendapat yang digelar Macmillan menunjukkan sebanyak 37 persen pasien kanker mengatakan mereka tidak aktif secara fisik.

Jane Maher, Kepala Medis Macmillan, mengatakan: "Sebagai spesialis kanker sulit untuk mendorong orang untuk berpikir tentang kebugaran selama dan setelah pengobatan melelahkan kanker,” mengutip The Telegraph, Senin (16/7).

"Lebih mudah memberitahu orang-orang untuk beristirahat. Tapi semakin, banyak pasien membutuhkan bantuan kita untuk mendobrak mitos bahwa beristirahat selalu hal yang benar untuk dilakukan, sehingga mereka tidak kehilangan 'obat ajaib' dari olahraga yang dapat membawa perbedaan untuk pemulihan," dia menambahkan.

Studi menunjukkan, sering olahraga seperti jalan cepat atau berkebun dapat mengurangi separuh risiko kanker usus datang kembali. Dua aktivitas sehat itu juga mengurangi lebih dari sepertiga risiko kanker payudara berulang. Olahraga juga terbukti mengurangi kelelahan, pengecilan otot, dan depresi pada penderita kanker. Yang tak kalah penting, aktivitas membuat para pasien lebih banyak bergerak.

Ciaran Devane, kepala eksekutif, mengatakan: "Penelitian baru ini menunjukkan bahwa pesan masih belum sampai kepada pasien kanker tentang betapa pentingnya mereka untuk tetap aktif.”

Penting untuk tetap aktif (Dok:well.blogs.nytimes.com)


Devane memahami, “Bahwa menjalani pengobatan kanker yang melelahkan cenderung membuat orang merasa lepas kendali dan dapat menjadi waktu yang sangat menakutkan. Mengetahui apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu diri sendiri dan pemulihan sama-sama mendorong dan membantu Anda.”

"Sangat penting bahwa profesional kesehatan mendorong orang yang hidup dengan kanker untuk tetap aktif secara fisik dan Macmillan akan terus bekerja dengan dan mendukung mereka untuk memastikan hal ini terjadi," dia menegaskan.

Sumber: SHNews.co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar