Rabu, 27 Juni 2012

Makanan Super untuk Kanker Payudara


Kisah seorang penderita kanker payudara yang selamat setelah menjalankan diet makanan super.

Vicky Sewart, lepas dari kanker karena makanan super (Dok:telegraph.co.uk)

LONDON – Vicky Sewart ingin bebas. Dia tidak mau hari-harinya diliputi kekhawatiran akan obat dan efek obat yang harus dia telan setelah operasi kanker payudaranya. Alih-alih menderita akibat efek samping Tamoxifen, perempuan berusia 44 tahun ini memutuskan untuk menjalani diet antikanker sebagai “obat”.

Kepada The Telegraph, Senin (25/6), Vicky berujar, “Pasien kanker yang tidak menggunakan obat memang tidak biasa.” Tapi, keputusan yang diambil Vicky tidak salah. Kini, setelah empat tahun, sel-sel kanker tidak pernah muncul lagi dalam tubuhnya.

"Saya benar-benar percaya bahwa diet saya telah membantu pemulihan saya."

Vicky kini menjadi pusat dari proyek penelitian untuk mempelajari bagaimana gaya hidupnya dapat digunakan untuk membantu penderita kanker payudara lainnya.

Vicky menjalani operasi pengangkatan payudara dan kelenjar getah bening pada Juni 2008. Setelah itu, warga Plymouth, Devon, Inggris, ini didiagnosa dengan tumor yang tumbuh begitu cepat. Dia pun menjalani kemoterapi, radioterapi, dan pembedahan.

Diet Antikanker
Tapi, Vicky mengejutkan keluarganya karena menolak obat Tamoxifen yang ditawarkan dokter selama masa remisi. Sebaliknya dia menegaskan dia akan mengobati dirinya dengan diet antikanker.

Turmeric (Dok:wakeuo-world.com)
Vicky memilih mengobati kondisinya dengan cara hidup sehat yang melibatkan olahraga dan makanan khusus.

Ayah Vicky, Dr. John Sewart, mengatakan: "Saya memberi nasihat ketika dia meminta.” Pria berusia 85 tahun ini menambahkan, “Saya menjawab pertama sebagai seorang ayah dan kedua sebagai dokter. Tidak sulit, saya setuju dengan apa yang dia rencanakan dan saya akan setuju dengan keputusan dia."

Sementara, mendengar niatnya, dokter menasihati Vicky untuk menjaga tingkat estrogen dalam tubuhnya, seperti yang dilakukan obat tersebut. Para dokter, lanjut dia, benar-benar tidak akan mengatakan bahwa diet akan membantu kanker dengan cara apapun, selain mengatakan bahwa diet yang sehat akan membantu dalam memerangi setiap penyakit.

"Ini sudah empat tahun dan saya pikir sikap-sikap itu berubah sedikit sekarang sehingga ide-ide ini berjalan di samping pengobatan biasa,” ucap pengelola Victoria Sewart Contemporary Jewellery Gallery di Barbican, Plymouth ini.

Makanan Super
Vicky meneliti makanan yang menurut bukti anekdotal mungkin membantu pemulihan pasien kanker payudara. Mula-mula dia menjalani diet yang sangat ketat. Dia menjadi seorang vegan yang hanya makan sayuran dan buah-buahan dan menghindari semua produk susu. Dia juga menambahkan 'makanan super' dalam diet dan hampir seluruh makanan yang dia santap adalah makanan organik.

"Makanan super" yang dia konsumsi adalah, buah segar, sayuran, jus, dan buah beku.

Jenis kunyit membuat sel kanker komit untuk bunuh diri dan jahe dan bawang putih sangat baik untuk memasak," kata Vicky yang menggunakan bumbu Tumeric atau kunyit dalam kari dan semua makanan.

Dia menyiapkan semua makanannya sendiri, membuat lotion tubuh sendiri dari bahan alami, dan hanya menggunakan pembersih dan deterjen bebas kimia.

"Saya memutuskan bahwa saya akan menahan diri dan melakukan sebisa mungkin," kata dia.

Unsur lain dari gaya hidupnya adalah olahraga ringan. Vicky percaya kegiatan fisik membantu pemulihan dirinya dari kanker.

Percaya pada olahraga ringan (Dok:whatsonxiamen.com)

Pusat Penelitian
Badan riset nasional sedang mengkaji bagaimana gaya hidup dapat membantu mencegah kambuhnya kanker payudara setelah operasi. Ini adalah penelitian terbesar dari jenisnya di dunia. Sebanyak 56 rumah sakit di seluruh Inggris dan 3.400 pasien yang pernah menderita penyakit tersebut terlibat dalam studi.

Selama empat tahun terakhir, Vicky telah memberikan darah, sampel urine, dan mengisi kuesioner biasa tentang kesejahteraan, diet, dan gaya hidupnya sebagai bagian dari penelitian nasional.

Percobaan ini tinggal satu tahun lagi. Diharapkan penelitian rampung akhir tahun ini dan menghasilkan beberapa temuan. Hasil studi lengkap baru akan dipublikasikan tahun depan.

Vicky berharap menandari lima tahun remisinya pada Agustus 2013. Dia sudah siap menikah dengan tunangannya, Michael, pada September.

"Orang bisa mati, atau kembali dari itu dan menikmati hidup, Anda harus bersyukur masih hidup. Manfaatkan waktu yang ada, segalanya akan selalu baik-baik saja pada akhirnya," ucap dia.

Dr. Steve Kelly, ahli onkologi yang mengkhususkan diri dalam merawat pasien kanker payudara, mengatakan, "Kematian akibat kanker payudara telah turun terus selama lebih dari 20 tahun berkat operasi, kemoterapi, dan radioterapi--semua membantu.”

Pasien dapat melakukan tiga hal yang menurut Kelly “tidak menjamin kelangsungan hidup, tetapi dapat membantu mengurangi risiko kanker datang lagi.”

"Yang pertama adalah berolahraga selama tiga puluh menit tiga hari per minggu. Kedua, tidak menambah berat badan, dan ketiga, mengurangi asupan lemak,” kata dokter yang berbasis di Derriford Hospital ini.

Sumber: SHNews.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar