Rabu, 13 Juni 2012

Plak Gigi Terkait Kanker


Jumlah plak gigi yang tinggi dapat meningkatkan risiko kematian akibat kanker, kata para ilmuwan.


Membersihkan plak gigi (Dok:webMD)
LONDON – Kebersihan mulut dapat membawa Anda pada kehidupan. Sebaliknya, sejumlah plak atau karang gigi yang menandai kebersihan mulut yang buruk dapat mengantarkan Anda pada kematian dini karena kanker, para peneliti Swedia menemukan.

Studi observasional yang dipublikasikan jurnal online BMJ Open ini mengamati 1.390 orang dalam rentang tahun 1985 hingga 2009.

Seperti dinukil dari The Telegraph, Selasa (12/6), pada awal penelitian, seluruh partisipan ditanyai tentang faktor-faktor yang mungkin akan meningkatkan risiko kanker mereka. Peneliti juga menilai kebersihan mulut partisipan.

Setelah 24 tahun studi, 58 pasien meninggal dunia, 35 di antaranya akibat kanker. Para korban meninggal ini memiliki jumlah plak gigi yang jauh lebih tinggi, peneliti menemukan. Indeks plak gigi mereka yang telah meninggal dunia, menurut studi, lebih tinggi daripada partisipan yang selamat.

Mereka yang meninggal mencetak skor antara 0,84-0,91 pada indeks yang menunjukkan bahwa daerah gusi dari gigi ditutupi plak. Sedangkan mereka yang selamat mencatat angka lebih rendah secara konsisten dari 0,66-0,67. Ini menunjukkan cakupan plaknya hanya sebagian.

Rata-rata usia kematian adalah 61 tahun untuk perempuan dan 60 untuk pria. Para perempuan yang diduga hidup sekitar 13 tahun lebih lama. Sedangkan, para pria diperkirakan mendapat tambahan hidup 8,5 tahun. Dengan demikian, para penulis berpendapat, kematian para partisipan bisa dianggap prematur atau dini.

Perlu menjaga kebersihan mulut (Dok:healthylifestyletips.com

"Berdasarkan temuan ini, beban tinggi bakteri pada permukaan gigi dan di saku gingiva—permukaan akar gigi-Red--selama waktu yang berkepanjangan memang mungkin memainkan peran dalam karsinogenesis (proses perubahan menjadi kanker-Red)," para penulis melaporkan.

Namun, penulis mengingatkan bahwa penemuan mereka tidak membuktikan bahwa plak gigilah penyebab pasti kanker. Karenanya, perlu penelitian lebih mendalam tentang subyek ini.

"Hipotesis penelitian kami telah dikonfirmasi oleh temuan bahwa kebersihan mulut yang buruk, sebagaimana tercermin dalam jumlah plak gigi, dikaitkan dengan peningkatan kematian akibat kanker," tulis para peneliti.

Mereka menambahkan, "Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah ada faktor kausal dalam hubungan yang diamati tersebut."

Plak gigi yang menunjukkan kebersihan mulut yang buruk dan menjadi sumber potensi infeksi, sebelumnya telah dikaitkan dalam masalah kesehatan sistemik. Plak gigi berasal dari lapisan bakteri yang meliputi permukaan gigi, termasuk celah antara gigi dan gusi. 

Sumber: SHNews.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar