Jumat, 01 Juni 2012

Kasus Kanker Global Melonjak

Peneliti memperkirakan kasus kanker di dunia cenderung meningkat hampir 75 persen pada 2030.

LYON – Kasus kanker di seluruh dunia cenderung naik hampir 70 persen pada 2030. Lonjakan pasien kanker didorong oleh faktor demografi dan gaya hidup.

Perawatan paliatif (Dok:omicsgroup.org)
Dalam jurnal Lancet Oncology, seperti dinukil dari AFP, Jumat (1/6), peneliti dari International Agency for Research on Cancer (IARC) di Lyon, Prancis, memaparkan ada 12,7 juta kasus kanker pada 2008. Tim peneliti yang dipimpin Freddie Bray ini menemukan, pada 2030, kasus kanker meningkat hingga menyentuh angka 22,2 juta. Yang tidak kalah memprihatinkan, 90 persen kasus kenaikan kanker terjadi di negara-negara termiskin.

Di banyak negara, kanker terkait dengan infeksi, seperti kanker usus besar, rektum, payudara, dan prostat. Menurut laporan peneliti, jenis kanker ini berhubungan dengan pola makan “kebarat-baratan”.

Studi menggunakan data dari GLOBOCAN atau kanker global yakni basis data kasus kanker dari 184 negara.

Pada 2008, kanker payudara, paru-paru, kolorektal, dan prostat merupakan separuh kasus dari hasil penghitungan kanker di negara-negara kaya. Sedangkan di negara-negara dengan pendapatan menengah, kasus yang paling banyak terjadi adalah kanker lambung, esofagus—saluran cerna dari tenggorokan memanjang ke perut--, dan hati. Baik negara kaya maupun menengah, kanker serviks dan perut meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Di negara-negara termiskin, jumlah kanker serviks paling melonjak, melebihi kanker payudara dan hati.

"Jika tren kanker spesifik dan jenis kelamin spesifik dalam studi ini terus berlanjut, kami memperkirakan peningkatan kasus semua jenis kanker dari 12,7 juta kasus baru pada 2008 menjadi 22,2 juta pada 2030," kata studi tersebut.

Peneliti menambahkan, “Target intervensi dapat menyebabkan penurunan proyeksi kenaikan kanker, melalui strategi pencegahan primer, di samping vaksinasi, deteksi dini, dan program pengobatan yang efektif."

Sumber: SHNews.co 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar