Selasa, 19 Juni 2012

Risiko Kanker Payudara


Studi: sekitar 5 persen pasien kanker payudara mengembangkan kanker ke organ lain dalam lima tahun.

SYDNEY – Para peneliti di Australia membeberkan informasi terbaru tentang kanker payudara. Temuan yang dilansir dalam Medical Journal of Australia, Senin (18/6), mengutip AAP,  mengungkap jawaban yang paling sering dituntut pasien kanker payudara dari para dokter.

(Dok:kaboodle.com)

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 6.000 perempuan di New South Wales menemukan sekitar satu dari 20 perempuan atau lima persen pasien kanker payudara, sel kankernya menyebar ke organ lain dalam lima tahun. Risiko kanker payudara menyebar ke jaringan sekitarnya atau metasis menjadi kanker getah bening menimpa sekitar satu dari enam perempuan atau 18 persen.

Ribuan perempuan yang disurvei adalah pasien kanker payudara nonmetasis. Di awal penelitian, para pasien yang didiagnosis pada 2001 dan 2002 diberikan informasi yang lebih baik dari dokter untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan.

"Ini pertanyaan perempuan yang menuntut informasi," kata peneliti Dr. Sarah Lord dari University of Sydney.

Risiko Kekambuhan
Kebanyakan perempuan, menurut Dr. Lord, dapat mengharapkan hasil yang sangat baik dari diagnosis kanker payudara. Tetapi, mereka masih terus khawatir dan mempertanyakan tentang risiko dan kekambuhan.

"Mereka hanya tidak memiliki informasi umum tentang risiko tersebut,” kata perempuan peneliti ini. "Saya pikir itu akan menjadi titik awal yang penting dalam diskusi antara dokter dengan pasien tentang risiko kekambuhan," kata dia.

Dok:howstuffworks.com
Penelitian ini mengamati dua kelompok perempuan dengan kanker payudara. Yakni grup pasien dengan kanker lokal yang menderita tumor terbatas pada payudara. Serta kelompok pasien yang kankernya telah menyebar ke kelenjar getah bening atau jaringan di sekitarnya.
Dr. Lord mengatakan tingkat kelangsungan hidup pasien kanker payudara terus membaik dalam 20 tahun terakhir bersamaan dengan kemajuan signifikan dalam perawatan. Dia juga menekankan banyak perempuan memiliki risiko lebih rendah dari perkiraan populasi umum penelitian.

Diskusi Personal
"Dokter jelas perlu diskusi yang lebih personal dengan pasien tentang faktor-faktor yang akan mempengaruhi risiko individu mereka," kata Dr. Lord.

Pembahasan tentang risiko kanker payudara pada pasien juga disetujui Direktur Onkologi Medis Rumah Sakit Westmead Sydney, Associate Professor Nicholas Wilcken. Saat ini, Wilcken tengah gencar meyakinkan bahwa mayoritas perempuan tidak mengalami kekambuhan dalam lima tahun.

Namun, dia mengingatkan kanker payudara sangat bervariasi. Perempuan dengan penyakit kambuhan bisa memburuk dengan cepat atau bisa juga hidup dengan baik selama bertahun-tahun.

Studi ini, Wilcken menggarisbawahi, hanya meneliti perempuan yang kambuh dalam lima tahun dan pasien yang kankernya muncul lagi dalam jangka waktu yang biasanya sering lebih baik.

Sumber: SHNews.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar