Senin, 28 Mei 2012

Kanker Serviks Bisa Dicegah


Kanker leher atau mulut rahim dapat dicegah sejak dini, termasuk tidak berhubungan seksual dengan banyak pria.

Kanker serviks bisa dicegah (Dok:ladycarehealth.com)
JAKARTA - Kanker serviks adalah salah satu kanker yang paling banyak dialami kaum Hawa. Di Indonesia, diperkirakan satu perempuan meninggal setiap jam akibat terkena kanker leher atau mulut rahim ini. Setiap tahun, terdeteksi lebih dari 15 ribu kanker serviks di Indonesia. Sebanyak 8.000 kasus di antaranya berakhir dengan kematian.

Dan, data Badan Kesehatan Dunia menyebutkan: jumlah penderita kanker serviks di Indonesia adalah yang terbesar di dunia.

Kanker serviks dapat dicegah sejak awal. Dr. Indrawati Dardiri Sp OG, kepada Antara, di Jakarta, Sabtu (5/5), mengatakan kanker serviks bisa dicegah sejak dini. dengan melakukan berbagai upaya pencegahan.

"Salah satunya adalah tidak berhubungan seksual dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan," kata spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan ini.

Dia menambahkan, bila sudah menikah menikah atau aktif secara seksual, perempuan wajib memelihara kesehatan tubuh, rutin melakukan pap smear, dan berhenti merokok.

Pencegahan lain yang dapat dilakukan adalah tidak melakukan hubungan seksual pada usia dini.

Dr. Indrawati juga menegaskan, memperbanyak konsumsi sayuran berwana hijau tua dan kuning juga perlu. Pasalnya, kedua jenis sayuran tersebut mengandung banyak beta karoten, vitamin C dan E yang ampuh menangkal kanker.

Disebut kanker leher rahim karena kanker terjadi di bagian leher rahim antara vagina dan rahim. Penyebab kanker serviks adalah HPV (human papillomavirus) atau virus papiloma manusia.

HPV menimbulkan kutil pada pria maupun perempuan. Termasuk pula kutil pada bagian kelamin yang disebut kondiloma akuminatum. Dari ratusan jenis HPV, hanya beberapa yang bisa menyebabkan kanker.

Sumber: SHNews.co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar