Rabu, 09 Mei 2012

Apa Itu Kanker

Kanker adalah suatu penyakit dari sel-sel tubuh, yang merupakan blok-blok bangunan dasar dari tubuh kita. Sepanjang hidup ini, tubuh manusia terus-menerus menciptakan sel-sel baru untuk membantu kita tumbuh, serta menggantikan dan menyembuhkan sel-sel yang telah rusak.

Sel kanker (warna pink) di antara sel normal


Dalam keadaan normal, biasanya sel-sel tumbuh dan berganda secara teratur, tetapi kadangkala sel-sel tersebut tumbuh dan berkembang-biak secara tak terkendali, menyimpang dari proses yang wajar. Pertumbuhan sel-sel yang tak terkendali dapat mengakibatkan terjadinya sel-sel darah atau limfosit yang abnormal, atau timbulnya suatu benjolan yang disebut tumor. 

Tumor tidak selalu berarti kanker! 

Ada tumor yang jinak (bukan kanker). Tumor ini dikatakan jinak karena tidak merusak, tapi juga tidak ada faedahnya bagi tubuh kita. Tumor yang jinak tidak menyebar keluar dari batasan normal di tempat asal atau lokasi di mana ia berada; akan tetapi apabila tumor jinak terus bertumbuh di tempat asalnya, ia juga bisa menimbulkan masalah dengan mendesak organ-organ yang berdekatan.

Sedangkan pada tumor ganas, terdiri dari sel-sel ganas yang disebut sebagai sel-sel kanker. Pada awalnya sel-sel kanker dari tumor ganas ini mungkin belum invasi ke jaringan-jaringan berdekatan di sekitarnya. Ini dikenal sebagai sebagai cancer in-situ atau carcinoma in-situ.

Manakala tumor ganas itu berkembang, ia akan invasi ke jaringan-jaringan sekitarnya, sehingga menjadi kanker yang invasif. Sebuah kanker invasif yang belum menyebar ke bagian atau organ-organ tubuh lainnya disebut sebagai kanker primer (primary cancer).

Jika pada tahap dini di mana kanker primer ini tidak cepat ditangani sebagaimana mestinya, maka ia akan melakukan invasi ke organ-organ lain dan tulang-tulang kita. Setelah sel-selnya mencapai situs yang baru, maka sel-sel itu akan terus tumbuh dan berkembang serta “beranak” menjadi tumor yang baru lagi. Ini disebut sebagai kanker sekunder (secondary cancer) atau metastasis.(James  B. Lumenta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar