Jumat, 11 Mei 2012

Gejala Kanker


Gejala-gejala kanker berbeda dan tergantung lokasi kankernya, sebesar apa tumornya, serta sejauhmana sel-sel kanker sudah menyebar atau metastasis.

Ada beberapa jenis kanker yang dapat dirasakan atau dilihat. Benjolan pada payudara atau testis, misalnya bisa dijadikan sebagai indikator kanker di lokasi tersebut. Sedangkan, kanker kulit sering ditandai dengan perubahan warna tahi lalat. Sementara beberapa kanker oral menampakkan tanda bercak-bercak putih dalam mulut atau lidah, mirip sariawan.



Sel kanker (Dok:utmb.edu)


Akan tetapi, sebagian besar kanker lain pada tahap dini tidak menampakkan gejala-gejala yang jelas secara fisik. Oleh karena itu, biasanya diketahui apabila sudah telanjur kebablasan memasuki tahap lanjut (stadium 3 atau 4) dan semakin sulit untuk ditangani.

Sebagai contoh, kanker pankreas biasanya tidak memperlihatkan gejala apapun sampai kanker itu sudah menekan syaraf-syaraf di sekitarnya sehingga terasa sakit. Atau kanker telah mengintervensi fungsi hati yang menimbulkan gejala kuning pada kulit dan mata.

Hal serupa juga terjadi pada hal kanker usus besar (colon). Biasanya gejala konstipasi dan diare akan tampak bila tumor di usus besar sudah mendesak organ atau pembuluh darah yang berdekatan di sekitarnya.(James B. Lumenta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar